Tuesday, 18 September 2012

alat musik tradisional sumbawa


1. G O N G

Gong adalah alat musik tradisional Sumbawa yang terbuat dari kuningan. Gong berbentuk lingkaran, diameter gong berukuran 40-50 cm. Di bagian tengah gong dibuat benjolan sebagai tempat memukul. Gong dimainkan dengan cara menabuh.

2. G E N A N G

 Alat musik yang terbuat dari kulit kerbau/sapi (lenong). Kayu genang berbentuk bulat, pada bagian tengahnya dibuat berlubang dan pada kedua ujung kayu (sematang) dipasang kulit kerbau dengan tali sebagai pengencang.  Alat musik ini dimainkan dengan cara menabuh

3.REBANA REA (REBANA KEBO)

        Rebana rea biasa disebut degan rebana kebo. Alat musik terbuat dari kulit kerbau (lenong), kayu, bilah kayu dan we ( rotan). Alat music ini dimainkan dengan cara menabuh. Rebana rea biasanya dimainkan di upacara adat seperti nyorong dan berodak.

4. REBANA ODE

         Rebana ode tidak berbeda dengan rebana rea, hanya saja ukuran rebana ode kecil. Rebana ode juga dimainkan dengan cara menabuh.


5. SERUNE BAMBU

       Serune bambu terbuat dari bambu bulu, losong, dan jontal. Ukurannya tergantung dari bambu itu. Serune  ini terbagi dari tiga bagian, yaitu bagian lidah, lubang, dan corong bunyi atau sarumung. Bagian lidah merupakan tempat menghasilkan bunyi bila ditiup. Sedangkan lubang pada bagian serune berfungsi sebagai lubang not, lubang ini berjumlah tujuh, enam bagian depan dan satu bagian belakang. Sarumung pada sarune bambu terbuat dariaun lontar yang masih muda. Sarumung pada sarune bambu terdiri dari dua, sarumung besar pada bagian bawah berfungsi sebagai alat resunansi dan sarumung kecil terdapat pada bagian lidah sarune berfungsi menahan posisi bibir pada saat meniup serune.

6. PALOMPONG

       Palompong adalah alat musik tradisional yang dimainkan secara ditabuh. Palompong terbuat dari bilah-bilah kayu, dimaikan dengan cara terlabih dahulu bilah kayu tersebut disusun diatas dua belah kaki atau panah yang diluruskan kedepan dan ditabuh dengan alat penabuh yang terbuat dari kayu, jumlah kayu untuk perangkat palompong yaitu lima buah.

7. SANTONG SEREK


         Santong serek terbuat dari bambu dan seng yang bergerigih dan dimainkan dengan cara digesek. Ukurannya bebas tetapi kebanyakan berukuran 20-30 cm.

8. KUL-KUL


        Kul-kul terbuat dari bambu dan diberi lubang sebagai esonansi suara agar suara yang dihasilkan lebih enak terdengar. Dalam bahasa Indonesia kul-kul dikenal dengan kentongan ukurannya bervariasi.
                                            9. SAKOAK



  Sakoak terbuat dari bambu seperti serune, tapi sakoak berukuran kecil. Sakoak mempunyai lubang dibawahnya.





=> Fungsi  secara umum musik tradisional Sumbawa

Dipergunakan sebagai:
a.   Musik pengiring tari
Alat musik untuk pengiring tari digarap sesuai kebutuhan tari  seperti gerak, hitungan, komposisi, dan lain-lain.                              b.   Digunakan di dalam upacara adat.
Musik pengiring upacara adat dipergunakan dalam upacara adat seperti:
-       Upacara adat : berodak rapanca, pengantan (nikah).
-       Biso tian
-       Gunting bulu
-       Turin tanah
-       Barodak basunat
-       Turin berang, dan lain-lain.
3.  Alat musik digunakan uantuk permainan rakyat, seperti:
- barapan kebo
- main jaran, dan lain-lain.
Cara melestarikan musik tradisional Sumbawa:
1.   Memperkenalkan alat musik tradisi mulai dari dini.
2.  Mengajarkan cara memainkan musik tradisional
selalu melaksankan event-event festival musik tradisional.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment